TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA, MOHON MAAF APABILA MASIH BANYAK SEKALI TERDAPAT KESALAHAN

Halaman

Kamis, 08 Desember 2011

LPj Buletin CAHAYA



LAPORAN PERTANGUNG JAWABAN
TEAM REDAKSI BULETIN CAHAYA IPNU – IPPNU SUNAN AMPEL
Periode 2007 – 2008
BAB I



PENDAHULUAN



A. MUKADIMAH

Puji syukur alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Yang telah melimpahkan segala nikmat dan karunia-Nya, hingga team redaksi bulletin cahaya IPNU – IPPNU Komisariat Sunan Ampel bisa mengakhiri masa khidmadnya, yang ditandai dengan laporan pertangung jawaban pada hari Jum'at 08 Agustus 2008.
Sholawat dan salam semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW. Yang telah memberikan suri tauladan yang baik kepada seluruh umat manusia, mengajarkan tentang nilai – nilai kebenaran, nilai keadilan dan kemanusiaan membawa insan dari jaman jahiliyah menuju jaman yang terang benderang yaitu Ad Dinul Islam.

 
Tanpa terasa sudah perjalanan team redaksi bulletin cahaya IPNU – IPPNU Sunan Ampel periode 2007 – 2008 telah berakhir semenajak musyawarah pembentukan team redaksi Buletin cahaya di kantor IPNU –IPPNU  Komisariat Sunan Ampel 01 Desember 2007 yang lalu. Maknanya adalah bahwa telah kita, team redaksii bulletin cahaya IPNU – IPPNU Komisariat Sunan Ampel telah melakukan perjalanan team redaksi untuk satu periode. Mungkin begitu banyak hal yang telah terjadi. Dunia disekitar kita sudah begitu banyak yang berubah. Ada grafik dinamika dan adapula yang masih tetap statis dan stagnan. Kesemuanya itu merupakan realitas yang tak terelakkan dan terpungkiri karena telah terjadi.
Harapan yang sangat besar telah ditetapkan sebagai amanah organisasi, baik yang termaktub dalam program kerja IPNU – IPPNU maupun program kerja team Redaksi bulletin cahaya maupun mandat sosial ketika kita melihat relitas hari ini baik pada siswa/ santri, tentu akan membuat kita berfikir bahwa "Kita harus Malakukan Banyak hal", untuk meningkatkan kreatifitas dan bakat siswa sunan Ampel. sementara pada sisi lain. Kapasitas team redaksi, kemampuan sumberdaya dan dinamika eksternal seringkali menjadi kendala yang serius untuk menjawab berbagai macam persoalan. Sehingga masih banyak persoalan yang belum terselesaikan hingga sekarang. Namun semangat untuk terus menerus untuk berkhidmad pada madrasah dan pondok pesantren dalam  pengembangan kreatifitas santri dan siswa tak akan pernah padam di hati kita semua.
Laporan ini disusun bukan hanya sekedar laporan pertanggung jawaban atas amanah pada pembentukan team redaksi bulletin 01 Desember 2007. yang lalu, atau sekedar testimony tetapi lebih dari pada itu sebagai kilasan balik dan perenungan dari apa yang telah dan sedang terjadi selama ini.khususnya dalam buletin cahaya IPNU - IPPNU Sunan Ampel. Bukan sekedar untuk formalitas, tetapi yang lebih penting adalah sebagai kaca benggala dari diri kita sendiri masing-masing sebagai team redaksi, yang demikian sebagai refleksi dan evaluasi adalah sebuah kebutuhan yang mutlak ditengah riuh rendahnya gelombang zaman, agar bisa membawa maslahah, sholihun lizamanin wamakanin.

B. TUJUAN.

1. Umum.

Laporan ini secara umum bertujuan untuk memberikan gambaran sejauh mana perjalanan team redaksi buletin cahaya IPNU - IPPNU Sunan Ampel periode 2007-2008. serta sebagai barometer atas berhasil atau tidaknya program yang telah direncanakan. Sekaligus sebagai landasan pengembangan untuk periode yang akan datang.

2. Khusus.

Secara khusus, tujuan penyusunan laporan ini adalah :

1.      Menggambarkan potret perjalanan team redaksi buletin cahaya periode 2007-2008. yang memuat proses dan dinamika organisasi dari perspektif organisatoris operasional, filosofis capaian program dan amanat pembentukan team redaksi  2007 yang lalu, faktor pendukung dan penghambatnya.
2.      Sebagai badan refleksi dan evaluasi proses perjalanan redaksi demi perbaikan dan pengembangan pada masa yang akan datang.
3.      Sebagai badan acuan dalam perumusan selanjutnya agar tercipta kesinambungan dalam mencapai tujuan yang diharapkan bersama.  


BAB II
GARIS-GARIS BESAR BULETIN

A. Arah Pengembangan Buletin

Arah pengembangan buletin adalah merupakan kondisi umum buletin IPNU-IPPNU Komisariat Sunan Ampel Semanding. Yang diharapkan dapat dicapai dalam kurun waktu 2007-2008, arah pengembangan tersebut sesuai dengan trilogy pengembangan buletin yang mencakup hal-hal sebagai berikut :

1.  Pengembangan Buletin.

Pengembangan buletin ini diarahkan untuk menegaskan identitas buletin cahaya sebagai badan semi otonom yang berorientasi pada peningkatan kreatifitas dan pengembangan menegemen buletin/organisasi yang rapi, efektif dan efisien serta mampu mendorong terciptanya sinergi antara berbagai elemen dan jenjang kepengurusan dalam memenuhi tugas yang diemban.

2.  Pengembangan System Pengkaderan.

Diarahkan untuk mendorong peningkatan kualitas intelektual kader dan pengembangan sistem pendidikan kritis yang dapat mendorong lahirnya kesadaran kritis menuju lahirnya kader - kader yang memiliki kopetensi dan kecocokan dalam menjawab berbagai problematika yang ada.

3.   Pengembangan dan Fungsi Buletin.

Ini diarahkan untuk mendorong peningkatan. Pendidikan siswa Sunan Ampel dalam bidang kreatifitas serta menejemen. Buletin dan pengembangan sumberdaya siswa. Sebagai wujud komitmen dan tanggung jawab. Sosial buletin serta IPNU-IPPNU. Dalam kehidupan kebangsaan dan kenegaraan menuju cita-cita yang diharapkan.
Konsep buletin kedepan tidak terlepas dari kondisi sekitar yang mempengaruhi. Fakta menunjukkan bahwa masa yang akan datang bukan kelanjutan hari kemarin, masa yang akan datang akan berisi rangkaian ketidak menentuan. Hanya dengan menerima rangkaian ketidak menentuan tersebut, serta melakukan sesuatu hal maka akan muncul kesempatan yang lebih baik.
Sikap buletin cahaya IPNU-IPPNU kedepan harus kritis, objektif dan mengedepankan pengkaderan. Mengedepankan koordinasi dan sikap kekeluargaan dan merata antar jenjang kepengurusan dan anggota.

B.   Gambaran Umum Program, Arah, Tujuan Dan Sasaran.

Paska pembentukan team redaksi buletin IPNU-IPPNU yang lalu hampir seluruh energi dikerahkan untuk membangun buletin IPNU-IPPNU yang sesuai dengan semangat awal, sesuai dengan harapan IPNU-IPPNU, NU, Madrasah dan Pondok Pesantren. Hal itu didorong fakta hari ini, bahwa hari ini sumber daya manusia masih jauh dari yang diharapkan bangsa dan Negara.
Problemnya pada saat yang sama setelah sekian tahun berada diwilayah grey area(area abu-abu) belum memiki perangkat yang mendukung. Dan memadai sehingga masih dalam angan –angan hingga baru terealisasi pada tahun 2007. yang dimaksud dengan perangkat ini bukan sekedar piranti-piranti fisik tapi juga modal dan metode pendekatan, wacana dan sumberdaya yang memadai, jarigan (network).

Secara umum arah pengembangan program dan kebijakan tersebut dijabarkan sebagai berikut:
1.      Bulan pertama, diarahkan pada penyamaan visi dan orentasi terhadap pengembangan buletin sehingga tumbuh keserasian langkah dalam melaksanakan kebijakan
2.      Bulan kedua dan seterusnya diarahkan kepada upaya pengembangan buletin, kaderisasi serta pemantapan buletin.

C.   Strategi Pengembangan Program.

1.      Program disusun berdasarkan musyawarah proker, yang mana dalam pelaksanaanya menjadi tangggung jawab dari masing-masing team dengan bidang masing-masing dengan selalu melakukan hubungan koordinatif dan konsultatif dengan pimpinan redaksi.
2.      Perumusan program berdasarkan realitas kebutuhan bulletin dan anggota, serta efektif dan efisien untuk dilaksanakan. Ditetapkan secara integral antara Pimpinan Redaksi dan anggota team redaksi.
3.      Mekanisme penjabaran program dilaksanakan melalui rapat team redaksi.
4.      Pola pengembangan program dibagi menjadi menjadi dua tahap, jangka panjang (berlaku pada setiap terbitan/edisi) dan jangka pendek (berlaku pada satu terbitan/ edisi) sebagai bentuk konkrit program dengan prioritas yang jelas.

D.   Program Kerja
1. Pimpinan Redaksi
Memimpin dan bertanggung jawab terhadap proses dan kegatan redaksi.
Menenukan penerbitan bulletin.
Mengagendakan musyawarah bersama sekretaris.

2. Redaksi Pelaksana
Membantu kinerja pimpinan redaksi.
Mengkordinir proses penerbitan bulletin.
Mengawasi, mengatur dan memantau proses penerbitan.

3. Setting dan Lay Out
Mencatat dan mengagendakan setiap hasil musyawarah.
Menyalin, mengetik dan menyusun bahan bulletin dalam setiap penerbitan.
Mengagendakan dan membuat data keluar masuknya surat – surat.
Menyimpan arsip – arsip redaksional.
Membuat laporan pertanggungjawaban pada akhir tahun.

4. Editor
Mengadakan seleksi, mengkoreksi, serta memilih bahan yang akan dimasukan dalam penerbitan bulletin.
Mengedit semua bahan yang akan dicetak baik sebelum diketik maupun setelahnya.

5. Kuangan
Bertanggungjawab, mengelola dan mencatat keluar - masuknya keuangan bulletin.
Membuat rekapitulasi dan melaprkan pada setiap penerbitan bulletin.

6. Marketing
Memasarkan bulrtin kepada semua siswa.
Bertanggungjawab keuangan dari siswa.
Membuat data siswa yang mengambil dan membayar bulletin.

7. Sposorship
Mencari simpatisan/sponsor dalam setiap penerbitan.
Mengurus administrasi sponsor.

8. Hubungan Sekolah
Menjalin kerja sama dengan sekolah lain.
Menyambung tali silaturrohim dengan OSIS atau sekolah lain.

9. Reporter
Mencari berita dilapangan dalam setiap penerbitan sesuai dengan hasil musyawarah.

 


BAB III
IMPLEMENTASI PROGRAM KERJA

Kepengurusan team redaksi bulletin cahaya IPNU –IPPNU Sunan Ampel periode 2007 – 2008 dihadapkan pada peristiwa yang sangat monumental yaitu periode ini menandai tahun perdana pengadaan bulletin di Sunan Ampel yang telah lama digadang – gadang hingga terealisasi pada tahun 2007.
Berdasarkan pada amanat program, realitas kekinian dan kebutuhan, maka implementasi program kerja team redaksi IPNU – IPPNU Sunan Ampel adalah sebagi berikut :

A.  REALISASI PROGRAM KERJA

1. Pimpinan Redaksi
Memimpin, mengawasi dan membantu perjalanan redaksi Buletin.
Memimpin musyawarah bersama sekretaris.
Memutuskan mufakat musyawarah.
Membuat agenda bulletin dibantu oleh sekretaris.

2. Setting and Lau Out/ Sekretaris
Mengetik bahan bulletin sebelum disetorkan pada percetakan.
Mencari percetakan yang relevan.
Mengurus masalah percetakan sampai selesei.
Mengumpukan bahan bulletin.

3. Bendahara
Membawa, mengelola dan menjaga kuangan bulletin.
Mencatat debet-kredit keuangan bulletin.
Membuat rekapitulasi setiap akhir penerbitan.
Melaporkan keuangan setelah akhir penerbitan.

4. Editor
Mengoreksi, merevisi, bahan bulletin sebelum di ketik.
Mengoreksi bahan setelah di ketik.
Mengumpulkan bahan bulletin bersama sekretaris.

5. Hubungan Sekolah
Mendistribusikan bulletin dengan sekolah lain.
Menjalin kerja sama dengan sekolah lain.

6. Sponsorship
Mencari sporsor bulletin.
Mengurus keungan sponsor.
Memberitahukan kondisi bulletin.

7. Reporter
Mencari nara sumber.
Membuat pertanyaan pada nara sumber.
Melakukan wawancara dengan nara sumber.
Mencatat hasil wawancara
Mengembangkan hasil wawancara menjadi sebuah laporan.

8. Marketing
Mengedarkan bulletin pada siswa.
Mengurus keuangan sebelum disetorkan pada bendahara.
Menarik pembayaran bulletin. 

B. KONSOLIDASI

  • Musyawarah program kerja.
  • Pelatihan jurnalistik
  • Musyawarah /laporan perjalanan marketing.
  • Musyawarah bulanan.
  • Musyawarah laporan kuangan setiap terbitan.
  • Musyawarah laporan pertanggungjawaban akhir tahun.   



SUSUNAN TEAM REDAKSI
Edisi I

Penanggung Jawab
Kepala Sekolah MTs Sunan Ampel
Kepala Sekolah MA. Sunan Ampel

Pembina
Hasan Rohmat
Moh. Zainuddin

Pimpinan Redaksi
Siti Fatimatul Arifah

Editor                                                              Marketing
A. Khobir Hasbulloh                                                     In'amul Aufa
Laili Mufidah                                                                Mustofa Ainun Niam
Fuad Hasan
Setting And Lay Out                                      Zumrotun Ni'mah
Frikas Abu Kahar M.                                                   Nurul Lu'lu'il Mukarromah
M. Misbahul Munir                                                       Siti Masruroh
Ainun Nurul Badriyah

Keuangan                                                                   Reporter
Nasrudin                                                                      Ahmad Jazuli
Muslihah Al Maula                                                        Habibi Mufti
Rohmanul Hakim
Hubungan Sekolah                                                     Ahmad Damanhuri
Mawan Sugiantoro                                                       Abdul Asyiki
                                                                                    Nizaruddin Ahmad                                           
Sponsorship                                                                Dewi Maisarotul Mufidah
Nasrudin                                                                      Irma Zuliana
Muslihah Al Maula                                                        Sulastri
Faidatur Rizqi
Siti Ainatus Sholihah



SUSUNAN TEAM REDAKSI (Reshuffle)
Edisi II

Penanggung Jawab
Kepala Sekolah MTs Sunan Ampel
Kepala Sekolah MA. Sunan Ampel

Pembina
Hasan Rohmat
Moh. Zainuddin

Pimpinan Redaksi
Siti Fatimatul Arifah

Editor                                                              Marketing
A. Khobir Hasbulloh                                                     In'amul Aufa
Laili Mufidah                                                                Zumrotun Ni'mah
Setting And Lay Out                                       
Frikas Abu Kahar M.                                                  
M. Misbahul Munir                                                      
M. Fuad Habibi                                                           

Keuangan                                                                   Reporter
Nasrudin                                                                      Ahmad Jazuli
Muslihah Al Maula                                                        Habibi Mufti
Rohmanul Hakim
Hubungan Sekolah                                                     Ahmad Damanhuri
Mawan Sugiantoro                                                       Abdul Asyiki
                                                                                    Nizaruddin Ahmad                               
Sponsorship                                                                Dewi Maisarotul Mufidah
Nasrudin                                                                      Irma Zuliana
Muslihah Al Maula                                                        Sulastri
Faidatur Rizqi
Siti Ainatus Sholihah



SUSUNAN TEAM REDAKSI (Reshuffle)
Edisi III

Penanggung Jawab
Kepala Sekolah MTs Sunan Ampel
Kepala Sekolah MA. Sunan Ampel

Pembina
Hasan Rohmat
Moh. Zainuddin

Pimpinan Redaksi
Siti Fatimatul Arifah

Redaktur Pelaksana
Nasrudin

Editor                                                              Marketing
A. Khobir Hasbulloh                                                     In'amul Aufa
Laili Mufidah                                                                Zumrotun Ni'mah

Setting And Lay Out                                       
Frikas Abu Kahar M.                                                  
M. Misbahul Munir                                                       Reporter
Ahmad Jazuli
Keuangan                                                                   Habibi Mufti
Nasrudin                                                                      Rohmanul Hakim
Muslihah Al Maula                                                        Ahmad Damanhuri
Hubungan Sekolah                                                     Abdul Asyiki
Mawan Sugiantoro                                                       Nizaruddin Ahmad
                                                                                    Dewi Maisarotul Mufidah                     
Sponsorship                                                                Irma Zuliana
Nasrudin                                                                      Sulastri
Muslihah Al Maula                                                        Faidatur Rizqi
Siti Ainatus Sholihah


    
BAB IV

KONDISI UMUM BULETIN

Buletin cahaya IPNU – IPPNU Sunan Ampel secara umum dapat kita potret dan kita lihat dengan menganalisa dan mencermati beberapa gambaran berikut :

1.  Keberadaan Buletin

Bulletin cahaya adalah organisasi semi otonom IPNU – IPPNU Sunan Ampel yang berada dalam lingkup Madrasah MTs. MA. Sunan Ampel. Bulletin ini dibentuk ketika musyawarah intern Pembina dan pengurus IPNU –IPPNU Sunan Ampel bertempat di Kantor IPNU – IPPNU Sunan Ampel pada tanggal 01 Desember 2007. dan ditetapkan kebijakan – kebijakan serta program – program sebagai realisasi dan pembentukan bulletin.

2.  Kondisi Kaderisasi

Salah satu problema yang ada dalam tubuh bulletin cahaya adalah masalah kesenjangan antara kader dan pengurus.
Disisi lain program untuk penjaringan kader belum ada, dikarenakan redaksi sekarang masih dalam tahap awal dalam keorganisasian bulletin serta minimnya sumberdaya. Sehingga untuk mencari pengganti dalam redaksi sangat sulit karena belum mengetahui siapa yang relevan dalam bidang tersebut.

3.  Kondisi Redaksi

Sebagai organisasi kader yang mengedepankan semangat hikmah dan pengabdian kepada Madrasah dan Pondok Pesantren serta IPNU – IPPNU Sunan Ampel salah satunya adalah daya tahan team yang relatif singkat dalam pengabdian diri diorganisasi dan banyaknya team yang memilih mundur secara teratur dari berbagai amanah yang telah diemban sebelum team redaksi berakhir masa periodenya. Kondisi ini berdampak pada pelaksanaan program dan aktifitas team redaksi yang cenderung menurun seiring bertambahnya usia redaksi. Kondisi ini muncul karena bagi sebagian team redaksi adalah tugas kedua atau ketiga diantara organisasi yang lain dan inilah yang menyebabkan kekhasan karakteristik team redaksi bulletin cahaya.



4.  Keberadaan Program

Secara umum berbagai program yang dikembangkan team redaksi bulletin cahaya selama ini masih cenderung konvesional dan tidak adanya parameter yang jelas untuk mengukur keberhasilannya. Salah satunya parameter  keberhasilan pelaksanaannya adalah kuantitatif yang crenderung semu. Kondisi ini setidaknya oleh faktor dibawah ini :

1. Kurangnya koordinasi antara team redaksi.
2. Tidak adanya program kerja yang konkrit dalam pembukuan.
3. Minimnya sumberdaya dalam melaksanakan program.
4. Belum pernah terjun dalam bidang tersebut.
5. Relatif singkatnya periode team redaksi.
6. Perencaan program yang belum bisa menyeluruh.

Disisi lain belum adanya singkronisasi antara team redaksi yang belum bisa diatasi sebagai hambatan pelaksanaan program.

5.  Pendanaan Kegiatan

Persoalan dana adalah persoalan klasik redaksi yang belum bisa diatasi sebagi hambatan pelaksanaan program. Karena pendanaan adalah hal yang urgen dalam merealisasikan program, tanpa adanya dana sulit untuk terlaksananya sebuah program.
Disamping itu karena minimnya suberdaya yang hanya mengandalkan dana dari pembayaran bulletin anggota, sponsorship serta Madrasah. Sedangkan secara riil pembayaran bulletin belum bisa maksimal.

6.  Permasalahan Umum

Permasalahan umum adalah masalah – masalah yang secara umum yang dihadapi oleh team redaksi dalam kaitannya dengan realitas trilogy pengembangan bulletin cahaya IPNU – IPPNU Sunan Ampel. Diantara permasalahan yang dihadapi team redaksi adalah :

1. Banyak yang belum berpengalaman dalam menangani masalah bulletin, sehingga dalam pelaksanaan program kerja kurang bisa begitu maksimal.
2. Belum adanya kesamaan pandangan dan langkah dalam mengimplementasikan visi dan program dengan baik dalam bidang manajemen redaksi, administrasi, maupun singkronisasi program. Akibatnya berbagai jenjang redaksi hanya terikat secara administrative  dan masing – masing cenderung menjalankan program dan aktifitas  yang terangkum dalam sebuah kerangka yang sistematis dan integral.
3. Terbatasnya waktu yang dimiliki oleh team redaksi dalam meralisasikan program yang diamanatkan dalam forum musyawarah program kerja dan juga pengembangan kegiatan yang bersifat sporadis, tidak terukur dan berorientasi struktural. Mengakibatkan mutu relevansi kegiatan bulletin dengan kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi bulletin.
4. Lemahnya konsistensi dalam menjalankan petunjuk pelaksanaan (juklak) atau dikenal dengan program kerja bulletin.
5. Lemahnya jaringan komunikasi, informasi dan edukasi redaksi serta kader mengakibatkan proses pembelajaran seumur hidup (Long life education).
6. Belum adanya system penggalian dana yang dapat menjamin ketersediaan sumber dana yang pasti dan cukup untuk melaksakan program, menagkibatkan separuh energi setiap team redaksi dihabiskan untuk mencari sumber pembiyayaan penerbitan. Akibatnya pengembangan program dan redaksi serta aktifitas tidak bisa berjalan dengan optimal karena sisa energi yang ada hamper tidak cukup untuk menciptakan program yang kreatif dan inovatif.
       
 


BAB V
EVALUASI DAN PENUTUP

Berdasarkan laporan diatas kami merekomendasikan untuk team redaksi bulletin cahaya IPNU – IPPNU Sunan Ampel pada masa – masa yang akan dating sebagi berikut :
Melanjutkan kerangka bangun redaksi yang sistemik dan transisi yang bersifat episodik. Serangka sistemik dalam pemahaman ini adalah kerangka ideal redaksi bulletin cahaya IPNU – IPPNU Sunan Ampel dari berbagai aspek dan sudut pandang. Sedangkan transisi episodik disini dimaknai proses yang simultan bagi redaksi bulletin cahaya IPNU – IPNU Sunan Ampel untuk terus menerus menuju arah perbaikan secara terukur dan terkelola dinamikanya.
Agar redaksi bulletin cahaya IPNU – IPPNU Sunan Ampel pada masa yang akan datang lebih intensif maka perlu adanya pelatihan – pelatihan untuk team redaksi dan pengkaderan yang lebih efektif dan efisien guna untuk kemajuan pada masa selanjutnya.
Agar data base yang dikirimkan tetap diteruskan karena itu akan sangat berguna bagi seluruh keanggotaan bulletin pada umumnya dan khususnya redaksi.
Demikian laporan ini kami buat dengan sebenarnya, sebagai petanda bagi kita semua yang mungkin tidak hanya  terbaca oleh team redaksi tetapi mungkin juga oleh anak cucu kita pada masa yang akan datang.
Meski kami mengklaim diri kami telah berusaha secara maksimal , mengerahkan segala daya, fikiran dan tenaga dengan sekerah – kerahnya, namun kami sangat menyadari bahwa usaha kami tersebut sudah mencapai target, tujuan, harapan, dan gambaran ideal bulletin yang diimpikan, memnuhi amanah pembentukan team  redaksi bulletin cahaya pada Desember 2007 yang lalu membawa bahtera bulletin cahaya IPNU – IPPNU Sunan Ampel menuju pulau impian dan harapan yang ada kebaikan dan potret bulletin yang ada disana.
Karenanya hanya kata maaf yang tulus dari lubuk hati yang paling dalam yang dapat lkami sampaikan. Harapan kami mudah – mudahan kita semua selalu mendapatkan bimbingan, maunah, dan ridho dari Allah SWT. Sehingga bulletin cahaya IPNU – IPPNU Sunan Ampel pada masa- masa yang akan datang akan jauh lebih baik dari periode – periode yang lalu.

Wallahul muwafiq ilaa aqwamith thoriq
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Semanding,  Agustus 2008

REDAKSI BULETIN CAHAYA

Pimpinan Redaksi                                                                                 Sekretaris

         
          Siti Fatimatul Arifah                                                                Frikas Abu Kahar M.
   

DOKUMEN – DOKUMEN

PIMPINAN REDAKSI BULETIN CAHAYA
IPNU – IPNU KOMISARIAT SUNAN AMPEL
Semanding Tertek Pare Kediri
Jl. Merak No. 10 Semanding Tertek PO. Box 156 PARE KEDIRI 64201 ' ( 0354 ) 392570
 

No.     : 07/PMS/BC/IPNU-IPPNU/II/2008                                                        Pare, 22 Februari 2008
Lamp. : -3-
Hal      : Penawaran Menjadi Sponsorship

Kepada Yth.
OWNER DEALER TRI JAYA MOTOR
Di tempat

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Puji syukur kehadirat Ilahi Robbi atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita sehingga dapat melaksanakan aktifitas sehari – hari dengan sebaik mungkin.
Selanjutnya untuk meningkatkan kreatifitas dan bakat siswa Sunan Ampel Semanding, kami selaku Tim Redaksi Buletin Cahaya IPNU – IPPNU Komisariat Sunan  Ampel akan menerbitkan buletin setiap bulan sebanyak 450 exemplar yang akan  diterbitkan pada tanggal 08 Maret 2008.
Berkenaan dengan hal ini, kami Tim Redaksi Buletin Cahaya menawarkan kepada Owner Dealer Tri Jaya Motor untuk ikut berpartisipasi mensukseskan buletin kami dengan menjadi sponsorship.
Demikian surat penawaran sponsorship ini kami buat, atas kesediaan dan partisipasi anda disampikan terima kasih.

Wallahul muwafiq Ilaa Aqwamith thoriq
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

PIMPINAN REDAKSI



     Siti Fatimatul Arifah                                                           M. Misbachul Munir
     Ketua                                                                                         Sekretaris
MENGETAHUI



    Hasan Rohmat                                                                                  Moh. Zainuddin
    Pembina I                                                                              Pembina II

KEPALA SEKOLAH



  H. Mudrik Alfarisi S.,Th.,I.                                      Drs. Samsul Hadi M.,Pd.,I.                                         
  An.WK MA. Sunan Ampel                                          Kepala MTs. Sunan Ampel




PIMPINAN REDAKSI BULETIN CAHAYA
IPNU – IPNU KOMISARIAT SUNAN AMPEL
Semanding Tertek Pare Kediri
Jl. Merak No. 10 Semanding Tertek PO. Box 156 PARE KEDIRI 64201 ' ( 0354 ) 392570
 

No.       : 05/PI/BC/IPNU-IPPNU/II/2008                                                           Pare, 06 Februari 2008
Lamp.   :- 0-
Hal       : Permohonan Izin

Kepada Yth.
Bapak/Ibu___________________________
Di tempat

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam silaturrohim kami sampaikan semoga limpahan taufiq,hidayah serta inayah-Nya  selalu menyertai kita, amiin.
Selanjutnya untuk mensukseskan program dari IPNU – IPPNU dalam menerbitkan buletin kami atas nama Pimpinan Redaksi Buletin Cahaya dengan segala hormat memohonkan izin untuk bertugas sebagaimana keterangan dibawah ini :

nama                   :
jabatan                 :
keperluan             :
hari, tanggal         :

Demikian surat permohonan izin ini kami buat, besar harapan kami atas diperkenankannya anggota Tim Redaksi kami untuk menjalankan tugas sebagaimana mestinya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

PIMPINAN REDAKSI



     Siti Fatimatul Arifah                                                           M. Misbachul Munir
     Ketua                                                                                         Sekretaris
MENGETAHUI



    Hasan Rohmat                                                                                  Moh. Zainuddin
    Pembina I                                                                              Pembina II

KEPALA SEKOLAH



  H. Mudrik Alfarisi S.,Th.,I.                                      Drs. Samsul Hadi M.,Pd.,I.                                         
  An.WK MA. Sunan Ampel                                          Kepala MTs. Sunan Ampel



PIMPINAN REDAKSI BULETIN CAHAYA
IPNU – IPNU KOMISARIAT SUNAN AMPEL
Semanding Tertek Pare Kediri
Jl. Merak No. 10 Semanding Tertek PO. Box 156 PARE KEDIRI 64201 ' ( 0354 ) 392570
 

No       : 04/A/BC/PK/IPNU-IPPNU/1775-1776/II/2008                                Pare, 15 Januari 2008
Lamp. : -
Hal.      : Permohonan Kerjasama Jurnalistik

            Kepada Yth.
            Ketua OSIS
                                                            Di tempat

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Salam silaturrohim kami sampaikan semoga Allah selalu memberi petunjuk kepada kita dalam menjalankan aktifitas sehari – hari.
Selanjutnya untuk meningkatkan kreatifitas dan bakat siswa / siswi SMA / MA sekecamatan Pare, kami pengurus IPNU – IPPNU Komisariat Sunan Ampel telah menerbitkan "Buletin Cahaya" yang diterbitkan setiap bulan sebanyak 500 exsemplar.
Berkenaan dengan hal itu kami Tim Redaksi Buletin Cahaya mengajak kepada pimpinan OSIS untuk saling tukar menukar buletin/majalah dengan buletin terbitan kami.
Demikian surat permohonan kerjasama kami, atas kesediaan dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

            Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
                                           
PIMPINAN REDAKSI



     Siti Fatimatul Arifah                                                           M. Misbachul Munir
     Ketua                                                                                         Sekretaris
MENGETAHUI



    Hasan Rohmat                                                                                  Moh. Zainuddin
    Pembina I                                                                              Pembina II

KEPALA SEKOLAH



  H. Mudrik Alfarisi S.,Th.,I.                                      Drs. Samsul Hadi M.,Pd.,I.                                         
  An.WK MA. Sunan Ampel                                          Kepala MTs. Sunan Ampel



CONTENS BULETIN

Ø Salam redaksi
Ø Liputan utama
Ø Pena guru
Ø Penِِa siswa
Ø Profil
Ø Jeda (jendela dunia)
Ø Humor
Ø Cerpen
Ø Puisi
Ø Karikatur
Ø Tips
Ø Surat pembaca
Ø Kamil (kamus ilmiah)
Ø Tts
Ø Konsultasi psikolog remaja dan agama

Time schedule

Klarifikasi final pihak sponsor                            : Jum'at – Rabu, 22 – 27 Februari 2008
Proses cetak dan penjilidan                               : Jum'at – Jum'at, 29 – 07 Maret 2008
Pendistribusian buku                                         : Sabtu – Senin, 08 – 10 2008

Daftar harga sponsorship (ada 3 macam)

Cover depan luar                      : Rp. 75.000,-
Cover depan dalam                  : Rp. 45.000,-
Cover belakang luar                  : Rp. 60.000,-
Cover belakang dalam : Rp. 25.000,-






DATA PEMBAYARAN
Kelas : II  A MTs. Sunan Ampel                                                                               Edisi III

No.
Nama
Tanda Tangan Penerimaan
Pembayaran
1.         
A. Dian Fajaryanto
1.
1.
2.         
A. Didin Nur Huda
                                2.
               2.
3.         
A. Miftahun Naja
3.
3.
4.         
Aan Farizal
                                4.
               4.
5.         
Abdul Rohman
5.
5.
6.         
Ahmad Mukhlis Asfiri
                                6.
                6.
7.         
Ahmad Qomaruddin
7.
7.
8.         
Alfan Miftahur Rosyad
                                8.
                8.
9.         
Amir Mukhtar
9.
9.
10.     
Anton Dwi Cahyo
                               10.
               10.
11.     
Ari Mustofa
11.
11.
12.     
Bekti Rositul Amin
                               12.
               12.
13.     
Dafid Prasetio
13.
13.
14.     
Eko Arisdianto
                               14.
               14.
15.     
Erson Romadlon
15.
15.
16.     
Fajar Mei Putranto
                               16.
               16.
17.     
Farid Ardan
17.
17.
18.     
Hafidh Setiawan
                               18.
               18.
19.     
Imam Fauzi
19.
19.
20.     
Imam Muslih
                               20.
               20.
21.     
Irwanto
21.
21.
22.     
Khoirul Anwar
                               22.
               22.
23.     
Leon Yanuar
23.
23.

Koordinator



_____________________



TANGGUNGAN PEMBAYARAN

Kelas : I A   MA. Sunan Ampel

No.
Nama
Edisi
I
II
III
Ambil
Bayar
Ambil
Bayar
Ambil
Bayar
1.         
A. Damanhuri
۩۩
۩۩
۩۩
۩۩
۩۩

2.         
A. Failus Shufa
۩۩
۩۩
۩۩
۩۩


3.         
A. Sholahuddin Muammar
۩۩
۩۩
۩۩
۩۩


4.         
Ahmad Habibi
۩۩
۩۩
۩۩
۩۩


5.         
Ahmad Jazuli
۩۩
۩۩
۩۩
۩۩
۩۩

6.         
Alamul Yaqin
۩۩
۩۩
۩۩
۩۩


7.         
M. Abdurrohim
۩۩
۩۩
۩۩
۩۩


8.         
M. Alfadin Taufiq
۩۩
۩۩
۩۩
۩۩


9.         
M. Habibi Mufti
۩۩
۩۩
۩۩
۩۩
۩۩

10.     
M. Ihsanul Khuluq
۩۩
۩۩
۩۩
۩۩


11.     
M. Khoirul Umam Uzair
۩۩
۩۩
۩۩
۩۩


12.     
M. Lutfi Hakim
۩۩
۩۩
۩۩
۩۩
۩۩

13.     
M. Misabahul Munir
۩۩
۩۩
۩۩
۩۩
۩۩

14.     
M. Sulthon
۩۩
۩۩
۩۩
۩۩


15.     
Miftahul Hidayat
۩۩
۩۩
۩۩
۩۩


16.     
Misbahiddin
۩۩
۩۩
۩۩
۩۩


17.     
N.R. Rifa
۩۩
۩۩
۩۩
۩۩
















   
  





 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar